Tentang Kami

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Perguruan Islam Mathali'ul Falah (PIM) terletak di desa Kajen, kecamatan Margoyoso, kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tepatnya di sebelah barat makam KH. Ahmad Mutamakkin. Madrasah ini didirikan oleh KH. Abdussalam pada tahun 1912, dengan tujuan untuk mendidik dan mempersiapkan kader-kader bangsa sebagai insan yang memahami agama secara mendalam (tafaqquh fi al-din) baik secara teori maupun praktek, sehingga bisa berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (sholih) dalam semangat ketuhanan yang luhur dan terpuji (akrom).
Kurikulum
Perguruan Islam Mathali'ul Falah (PIM) menerapkan kurikulum yang khas dan unik berbasis kemandirian pesantren. Prosentase perbandingan antara materi agama dan umum adalah 70% dibanding 30%. Sebagai salah satu Satuan Pendidikan Mu’adalah di Indonesia, Mathali'ul Falah mempunyai status “KESETARAAN” pendidikan pondok pesantren dengan lembaga pendidikan formal. Bahkan kemudian Satuan Pendidikan Muadalah dalam UU Pesantren diakui sebagai lembaga pendidikan formal di bawah naungan pendidikan pondok pesantren. Sehingga lulusan Mathali'ul Falah dapat melanjutkan pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.
Jenjang Pendidikan :
  1. Ibtidaiyah (MI)
  2. Diniyah Ula (DU)
  3. Tsanawiyah (TS)
  4. Diniyah Wustho (DW)
  5. Aliyah (AL)

    1. Pendidikan di Mathali’ul Falah dimulai dari jenjang Ibtidaiyah (setara SD), Tsanawiyah (setara SMP), Aliyah (setara SMA), dan kelas persiapan yaitu Diniyah Ula dan Diniyah Wustho.
      Diniyah Ula adalah kelas persiapan sebelum masuk di jenjang Tsanawiyah, dipersiapkan bagi siswa siswi baru sebagai upaya membekali kemampuan dasar dalam bidang ilmu Arobiyah dan ilmu Diniyah sehingga mampu mengikuti jenjang Tsanawiyah. Isi kurikulum tingkat Diniyah Ula ini memuat bahan kajian dan pelajaran tentang pendidikan ilmu agama Islam, bahasa Arab, dan baca tulis huruf arab pegon. Sedangkan jenjang Diniyah Wustho merupakan kelas persiapan sebelum masuk jenjang Aliyah, dipersiapkan bagi siswa siswi baru sebagai upaya untuk membekali kemampuan dalam bidang ilmu Arobiyah dan Diniyah agar mampu mengikuti pelajaran pada jenjang selanjutnya yaitu jenjang Aliyah.
      Jenjang Diniyah Ula maupun Diniyah Wustho dapat ditempuh selama 2 tahun, dan hanya mempelajari pelajaran agama saja, tidak seperti pada jenjang Aliyah, Tsanawiyah dan Ibtidaiyah yang memuat pelajaran-pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPS, Fisika, Biologi, Matematika dan lainnya.
      Pada tahun ajaran 2020-2021 Mathali’ul Falah membuka pendaftaran siswa baru secara online di seluruh jenjang, meliputi kelas:
      • 1 Aliyah (Ujian Masuk)
      • 2 Diniyah Wustho (Ujian Masuk)
      • 1 Diniyah Wustho (tanpa Ujian)
      • 1 & 2 Tsanawiyah (Ujian Masuk)
      • 2 Diniyah Ula (Ujian Masuk)
      • 1 Diniyah Ula (tanpa Ujian)
      • 2 & 3 Ibtidaiyah (Ujian Masuk)
      • 1 Ibtidaiyah (tanpa Ujian)

      Seluruh siswa yang melakukan pendaftaran akan diterima sebagai siswa/siswi Perguruan Islam Mathali’ul Falah, ujian masuk yang diadakan bertujuan untuk menyesuaikan kemampuan siswa dengan kelas yang dituju, apabila tidak memenuhi standar nilai maka akan ditempatkan pada kelas di bawahnya.
      Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.